Searching...
Jun 21, 2012
Thursday, June 21, 2012

Kata-Kata Mutiara Soekarno

Kata-Kata Mutiara Soekarno. Ir. Soekarno, siapa yang tidak mengenal beliau. Beliau adalah presiden pertama Indonesia dan termasuk pahlawan proklamator yang ngotot untuk memerdekakan Indonesia. Beliau dikenal dengan pengkobar semangat untuk cinta terhadap tanah air. Figur seorang pemimpin memang pantas disandang oleh beliau.

Salah satu kata-kata yang paling saya ingat adalah “berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” kurang lebih seperti itu (maaf kalo salah). Di sini terlihat  jika Presiden Soekarno ini memiliki ketegasan, keberanian, dan kebijaksanaan. Beliau mampu berkomitmen tanpa harus berpikir kearah politisasi pribadi. Berbeda dengan politikus jaman sekarang yang hanya akan bergerak jika dirinya diuntungkan.

“Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya” 
 (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno)

Seharusnya pemerintah harus belajar banyak dari figur seorang Presiden Soekarno. Karena pemerintahan Indonesia ini bukanlah ladang bisnis pencarian harta kekayaan. Menumpuk harta untuk kepentingan pribadi dari uang rakyat. Terlebih jika hanya untuk berfoya-foya atau plesiran ke luar negeri.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” 
(Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)

Menghormati jasa pahlawan bukan hanya melakukan upacara tiap hari senin tentunya. Banyak cara untuk menghormati jasa pahlawan. Salah satunya adalah mengisi kemerdekaan ini dengan semua hal yang bermanfaat. Bukan hanya bagi kita juga bagi masyarakat sekitar.

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” 
Bung Karno.

Agaknya hal inilah yang saat ini mendera Indonesia. Bukan musuh dari luar melainkan bangsa Indonesia itu sendiri yang menjadi musuh untuk satu sama lain. 

Untuk kata-kata mutiara lebih banyak lagi silahkan download di kata mutiara Soekarno

1 komentar:

  1. makasih mas .. bapak soekarno ini adalah salah satu orang yang sangat aku kagumi

    ReplyDelete

 
Back to top!